Pertanyaan Seputar Tubuh Kita

 
 
APAKAH KEPALA BESAR BERARTI CERDAS?
Besar-kecilnya kepala nggak ada hubungannya sama kecerdasan, kok! Jadi, orang berkepala besar belum tentu pintar!
KEPALA BESAR TIDAK BERARTI CERDAS!
Sebagian besar orang menyangka bahwa bila kepala seseorang besar, volume otaknya juga besar. Dengan volume otak yang besar, berarti orang tersebut cerdas. Namun setelah beberapa ilmuwan meneliti hubungan antara ukuran kepala dengan kecerdasan, terbukti bahwa tidak ada hubungan antara kepala dengan kecerdasan. Bahkan Einstein yang kegeniusannya diakui di seluruh dunia memiliki volume otak yang sama dengan orang biasa seperti kita!

MENGAPA SETELAH DIGIGIT NYAMUK TERASA GATAL?

Sebenarnya setelah digigit nyamuk, tubuh manusia mengeluarkan zat yang membuat gatal. Jadi, jangan salahkan nyamuk.
HISTAMIN YANG MEMBUAT MANUSIA GATAL
Ketika mengisap darah kita, nyamuk akan memilih untuk mengisap bagian kulit yang tipis. Setelah memasukkan sungutnya ke dalam pembuluh darah halus yang ada di kulit, barulah nyamuk bisa mengisap darah kita. Sehabis digigit nyamuk, kita akan merasa gatal. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh mengeluarkan sejenis protein yang disebut “Histamin” untuk melawan zat-zat yang dibawa oleh nyamuk lewat sungutnya. Inilah alas an mengapa kulit kita gatal dan bengkak setelah digigit nyamuk.

BENARKAH BANYAK MAKAN YANG MANIS-MANIS NGGAK BAIK UNTUK MATA?
Kalau terlalu banyak makan manis, mata kita tidak mendapatkan nutrisi yang seharusnya. Karena itu, penglihatan kita bisa jadi kabur.
MAKANAN MANIS ADALAH MUSUH BAGI MATA
Nutrisi yang paling dibutuhkan oleh mata adalah mineral dan vitamin. Bir, rokok, kopi, the merah, dan lain-lain, justru membuat mata tidak bisa menyerap nutrisi. Sedangkan kue, gula, minuman kola, es krim, dan makanan manis lainnya dapat mengurangi kadar kalsium darah yang ada di tubuh, menurunkan fungsi mata, dan mengakibatkan rabun jauh. Oleh sebab itu, kita harus banyak-banyak makan buah dan sayur-mayur seperti tomat, bayam, daging tanpa lemak, serta protein, agar dapat menggantikan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata kita.

MENGAPA RAMBUT LAKI-LAKI MUDAH BOTAK?

Tingkat kebotakan laki-laki lebih tinggi. Sedangkan perempuan, meskipun mempunyai gen botak, paling-paling rambutnya hanya menipis. Jarang sekali yang benar-benar menjadi botak. Penyebab lain rambut rontok adalah pengaruh hormone laki-laki. Semakin banyak hormone laki-laki pada seseorang, rambutnya akan lebih mudah rontok.
PENYEBAB KEBOTAKAN
PEnyebab utama kebotakan adalah pengaruh dari gen keturunan, sedangkan kehadiran gen tersebut dipengaruhi oleh dihasilkannya hormon laki-laki. Karenanya, penderita kebotakan pada laki-laki lebih banyak daripada perempuan (di dalam tubuh perempuan juga menghasilkan sedikit hormon laki-laki). Selain itu, stress, banyaknya tekanan ataupun kebiasaan makan dan minum serta factor-faktor lainnya juga memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Apabila sangat parah, dapat mengakibatkan gejala kebotakan. Jadi kita harus mengetahui pemyebab sebenarnya dari kebotakan, baru dapat mengobatinya dengan tepat.

MENGAPA KITA BISA CEGUKAN?

Cegukan adalah mengerutnya otot diafragma secara refleks.
KERUTAN YANG TIDAK LAZIM DARI OTOT DIAFRAGMA
Otot yang membatasi rongga dada dan rongga perut di dalam tubuh manusia disebut juga “Otot Diafragma”. Otot diafragma bergerak berdasarkan perintah saraf tak sadar. Tapi terkadang bila menerima perintah yang tidak tepat atau menerima rangsangan dari teperatur dan makan, otot tersebut dapat secara refleks mengerut dan terjadilah “cegukan”. Sebagian besar cegukan tidak berbahaya bagi tubuh, setelah beberapa waktu akan segera berhenti dengan sendirinya. Namun bila cegukan tidak juga berhenti, segera hubungi dokter untuk memeriksa penyebabnya.

BENARKAH SAAT MARAH KITA TIDAK BISA MENCERNA MAKANAN DENGAN BAIK?

Juka sedang marah, saraf perasa akan menyampaikan pesan pada otak besar untuk menahan keluarnya getah lambung. Ini membuat pencernaan jadi tidak baik dan setelah makan bisa sakit perut.
KELUARNYA GETAH LAMBUNG DIPENGARUHI OLEH PERUBAHAN PERASAAN
Beberapa organ dan fungsinya dalam tubuh manusia dikendalikan oleh “Saraf Tak Sadar”. Misalnya denyut jantung, pernapasan, pencernaan, danlain-lain. Ketika kita makan, lambung akan secara otomatis mengeluarkan getah lambung untuk mencerna makanan dan melalui usus kecil tubuh akan menyerap nutrisi. Inilah fungsi dari saraf tak sadar. Tapi jika kita sedang marah, gelisah, atau mengalami perasaan negatif lainnya, maka getah lambung akan sulit keluar secara normal. Keadaan inilah yang mengakibatkan terjadinya tukak lambung atau gangguan pencernaan. Jadi, ketika kita sedang makan, kita harus menjaga agar perasaan kita tenang. Dengan begitu tubuh kita akan dapat mencerna serta menyerap nutrisi yang masuk melalui makanan dengan baik.

BERAPA LAMA MANUSIA DAPAT MENAHAN NAPAS?

Rekor dunia menahan napas 13 menit 42,5 detik.
MENAHAN NAPAS SEJENAK
Menahan napas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan ketika seseorang dalam keadaan sadar sengaja menghentikan napasnya. Manusia dapat hidup karena bernapas. Namun, orang biasa masih dapat menahan napas lebih lama. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkan latihan yang lama atau menggunakan cara bernapas khusus. Rekor dunia yang tercatat di Guinness untuk penahan napas terlama adalah orang Amerika bernama Robert Frost yang pada tahun 1959 berhasil menahan napas selama 13 menit 42,5 detik.

MENGAPA KITA BERMIMPI?
Mimipi itu karena stelah kita tidur, otak besar masih terus menerus bekerja. Semua hal yang kita pikirkan pada siang hari akan kita jumpai di mimpi.
TERPIKIR DI SIANG HARI, TERMIMPI DI MALAM HARI!
Tubuh manusia beristirahat melalui tidur. Namun ketika tidur, otak besar masih juga bekerja membantu kita agar tetap melanjutkan napas dan menggerakkan jantung. Oleh sebab itu, segala memori yang masih ada di dalam otak besar sangat berhubungan dengan isi dari mimpi. Semua yang ada di mimpi sebagian besar merupakan hal-hal yang memberikan kesan mendalam ketika kita sedang terjaga, ataupun hal-hal yang terpikirkan sesaat sebelum kita tidur.

MENGAPA PERUT KITA BERBUNYI KETIKA LAPAR?
Itu bunyi udara yang bergerak di dalam perut kita yang kosong.
SUARA PERISTALTIK USUS
Suara yang dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yang berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita bernapas, terdapat udara yang tertelan ke dalam perut. Selain itu setelah selesai mencernamakanan, usus juga akan menghasilkan gas. Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, perut masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak besar menghasilkan perasaan lapar. Gas-gas inilah uang berputar-putar di dalam perut dan mengeluarkan suara krucuk-krucuk.

MENGAPA KITA MENGUAP?
Kalau otak besar kekurangan oksigen, kita akan menguap.
MENARIK NAPAS PANJANG
“Menguap” sebenarnya merupakan sebuah napas yang panjang. Ketika di dalam darah telah dipenuhi dengan karbondioksida, otak besar akan mengeluarkan perintah agar kita membuka mulut lebar-lebar, mengeluarkan karbondioksida, dan menghirup oksigen dalam-dalam untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Kegiatan inilah yang disebut dengan menguap. Jadi, kita tidak hanya menguap pada saat lelah atau mengantuk. Bila kita berada di dalam ruangan tertutup yang kurang oksigen, kita juga akan menguap.

BENARKAH SAAT TUDUR PUPIL KITA BERGERAK?
Kalau orang belum tidur pulas, biji mata atau pupilnya memang bergerak-gerak.
PUPIL BERGERAK CEPAT
Mata manusia bergerak bolak-balik secara bergiliran, baik ketika kita belum pulas maupun sudah pulas tidur. Saat kita belum tidur pulas disebut “pupil bergerak cepat”. Cirri utamanya yaitu otot mengendur santai serta biji mata atau pupil bergerak cepat. Karena pergerakkan otak besar, pada saat ini mudah sekali bermimpi. Saat kita sudah pulas,”pupil bergerak sangat cepat”. Tubuh kita masuk dalam kondisi tidur yang dalam. Pada saat ini otak besar dapat sepenuhnya beristirahat, karena suhu tubuh dan kesadaran kita telah mencapai titik paling rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

Biasakan berkomentar setelah membaca posting ini.Cukup kata "TERIMAKASIH" kami sudah sangat menghargai rasa kepedulian anda. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Bergabunglah bersama di Sobat Indonesia | Jejaring Sosialnya Orang Indonesia